Cara memilih antivirus yang tepat….

Bagaimana memilih antivirus yang tepat??

Pertanyaan ini seperti saat anda menanyakan apakah oli mesin yang tepat untuk mesin motor anda? jawabannya relatif, tergantung kondisi dan selera🙂 . Tapi, saya punya sedikit tips-tips dalam memilih antivirus yang tepat buat komputer anda. Pertama, pilihlah antivirus yang sering mengupdate database virus definitionnya (update database pengenalan virus baru). Antivirus yang baik biasanya mengupdatenya antara 1-3 hari. Bahkan, antivirus Kaspersky mengupdate database virus definitionnya tiap hari (daily update). Kedua, pilihlah antivirus yang memiliki fitur clean / disinfect / health, artinya antivirus dapat ‘menyembuhkan’ file maupun program yang telah terinfeksi oleh virus, sehingga file tersebut dapat digunakan lagi secara normal, beberapa antivirus yang memiliki fitur ini adalah Kaspersky, Norton, McAffee. lalu untuk AV lokal ada Ansav dan PCMAV yang memiliki fitur ini, walaupun hanya untuk beberapa virus lokal. Ketiga, pilihlah antivirus yang memiliki fitur khusus untuk menanggulangi virus, misal McAffee yang memiliki fitur X (waduh lupa namanya, anggap aja fitur X🙂 ) yang mampu membunuh proses dari program yang menggunakan script-script vbs yang dianggap berbahaya, atau ada Kaspersky yang memiliki fitur Registry Guard untuk mencegah aktivitas suatu program yang coba menginject script tertentu ke registry tanpa seizin pemilik komputer (karena umumnya para worm dan virus indonesia menggunakan registry untuk bertahan hidup, maka fitur ini cukup cocok menangani virus dalam negeri).

Ada lagi NOD32, yang memiliki fitur heuristic scan yaitu proses pengenalan virus secara heuristic (tanpa menggunakan database virus definition), jadi AV NOD32 mencoba mengenali apakah sebuah file / program itu virus atau bukan dari ciri-ciri yang ditetapkan oleh AV ini, akan tetapi bisa jadi terjadi kesalahan deteksi yaitu file / program yang bukan virus dianggap virus jika file / program ini memiliki kesamaan ciri-ciri yang ditetapkan oleh AV ini.
Keempat, pilih antivirus yang sesuai dengan resource komputer anda. misalnya RAM komputer anda hanya 64 Mb jangan paksakan untuk menggunakan antivirus sekelas Kaspersky, karena tidak akan bisa…soalnya Kaspersky v.6 memiliki minimum requirement 128 Mb. Pilihlah AV yang ringan seperti AVG atau Antivir, syaratnya rajinlah untuk mengupdate (itu berarti juga rajin-rajin menabung untuk modal ke warnet agar bisa download update-an terbaru AVG atau Antivir). Sesungguhnya semua antivirus itu bisa diandalkan asalkan rajin diupdate😀

1 Response so far »

  1. 1

    asuna17 said,

    Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di http://www.infoGue.com agar bermanfaat bagi pembaca di seluruh Indonesia. Coba juga layanan baru http://www.infogue.com/info/cinema/ untuk review info dan trailer film yang akan ditonton di bioskop. Salam Blogger!
    http://security-hacking.infogue.com/cara_memilih_antivirus_yang_tepat_


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: