How to convert docx to doc?

Apakah anda pernah mengalami masalah tidak bisa membuka file yang berformat docx? kalau pernah, bisa jadi masalahnya adalah di komputer anda tidak terinstall Microsoft Office 2007, karena extension .docx adalah format dokumen terbaru untuk Microsoft Office 2007. Saya sendiri pernah mengalaminya saat mengikuti lomba algorithm contest pada pagelaran gemastik (www.gemastik.com), saat itu ada pemanasan antara tanggal 1-6 September 2008 yaitu para peserta diberikan contoh-contoh soal algorithm, ternyata saat saya mendownload contoh soalnya, formatnya .docx, terang saja saya kecewa, bingung, dan kesal terutama pada panitia, saya berpikir apakah hal ini tidak diperhitungkan sebelumnya, bahwa format ini tentunya sangat menyulitkan para peserta yang tidak menggunakan Microsoft Office 2007 (maksa bgt😦 ). Kebetulan saya menggunakan OpenOffice, salah satu office software seperti halnya Microsoft Office, namun gratis dan cukup powerfull🙂 (promosi….). Namun sayangnya OpenOffice maupun Microsoft Office before 2007 (Ms. Office <=2003) tidak bisa membukanya, karena memang format docx ini khusus untuk Ms.Office 2007, akhirnya saya ambil keputusan untuk ‘tanya’ ma om Google (www.google.com) mengenai permasalahan ini, adakah converter docx to doc? ternyata ada! ini bisa dilakukan secara online lewat internet, ada banyak situs yang menyediakan fitur ini, kita tinggal memasukkan email kita plus meng-upload file berformat docx yang ingin kita convert ke doc, lalu hasil convert tersebut akan dikirim ke email kita. Sebenarnya ada juga aplikasinya, namun seperti biasa… aplikasi ini tidak gratis (alias ada ongkos pakenya😦 )…ya sudah saya akhirnya berharap pada sistem konversi online tadi… namun, ternyata cukup lama proses pengirimannya, ini yang membuat saya BeTe… akhirnya tanya lagi ma om Google, searching satu persatu, akhirnya dapat solusi juga dari om Google (memang sahabat terbaik di dunia maya). caranya cukup sederhana…. kita hanya perlu winzip! (pasti pada punya kan?? kebangetan kalo gak punya winzip, apalagi yg pake XP, defaultnya pasti ada winzip internalnya…).

berikut step by step how to convert docx to doc (tanpa tool khusus!!!) :

  1. Nonaktifkan dulu fitur “hide extensions for known file types”, di windows explorer, pilih menu Tools->Folder Options. Pilih tab View, lalu hilangkan checklist (hilangkan centangan) pada Checkbox dengan label “hide extensions for known file types”. Lalu tekan tombol Ok.
  2. Rename-lah file anda yang berekstensi / berformat .docx (arahkan filenya lalu tekan F2) menjadi formatnya .zip . misal, file anda namanya “dokumenku.docx”, maka gantilah menjadi “dokumenku.zip”.
  3. Extraklah file “dokumenku.zip” (caranya klik kanan, pilih Extract All…, trus tinggal next-next aja ^_^ ) ke lokasi yang anda inginkan menjadi “dokumenku.doc”.
  4. Dan cobalah buka file tersebut (dokumenku.doc). Maka, insyaAllah file tersebut sudah bisa dibuka dan anda dapat membaca maupun mengeditnya…. cukup mudah kan? selamat mencoba🙂

4 Responses so far »

  1. 1

    :D……:p
    izin COPAS yah….

  2. 2

    pure said,

    te2p g bisa tuh……

  3. 3

    soehe said,

    masih nggak bisa mas.

  4. 4

    AriefDJ™ said,

    hehe.. ada2 aja.. Entahlah kalo ada kondisi tertentu, setau saia yang awam ini mah, docx itu kan kumpulan xml..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: