JANGAN MENCARI ILMU KARENA 3 HAL !!!

Sehabis sholat shubuh berjama’ah seperti biasa ada kultum (kuliah terserah antum), kali ini dari bapak Muhammad, beliau mencoba memberikan materi kuliah shubuh yaitu dengan tema “3 hal yang harus dihindari dalam mencari ilmu”. Apa sajakah ke tiga hal tersebut?
Yang pertama, janganlah mencari ilmu karena ingin berdebat kusir dengan orang bodoh. Maksud? janganlah ilmu yang kita dapatkan hanya semata-mata digunakan untuk berdebat dengan orang bodoh, supaya orang bodoh mengakui bahwa kita orang lebih yang pandai darinya.

Yang kedua, janganlah kita mencari ilmu dalam rangka untuk berdebat dengan alim ulama. Ilmu yang kita dapatkan bisa jadi masih jauh lebih sedikit dibandingkan apa yang dimiliki oleh alim ulama, jadi janganlah kita mencari ilmu untuk berdebat dengan alim ulama, karena hal itu hanya akan memperlihatkan kebodohan kita saja.

Yang ketiga, janganlah mencari ilmu agar orang-orang memandang ke arah kita. Maksud? janganlah kita niatkan saat mencari ilmu supaya orang-orang memandang kita pintar atau pandai, tetapi niatkanlah semuanya dalam rangka mencari ridha Allah SWT, sehingga semoga Allah SWT akan menyempurnakan ilmu yang kita miliki, menambahnya dan memberikan berkah di dalam kehidupan kita dengan ilmu tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: