Linus Nara Pradhana, Siswa SMP sang penemu Inovasi Helm yang meraih Emas di Thailand

Berkat inovasinya menciptakan helm berpendingin (gel coated helmet), Linus Nara Pradhana (13), membuat harum nama Indonesia. Nara yang juga siswa kelas 1 SMP Kristen Petra 5 Surabaya sukses menyabet medali emas di International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2012 Thailand pada 28-30 Juni lalu.

Anak pertama pasangan Gunawan Siswoyo dan Florentina Rinawati ini menyisihkan 206 pelajar SMP dari seluruh negara peserta di kompetisi itu. Nara, adalah salah satu dari enam pelajar Indonesia yang dikirim mengikuti kompetisi IEYI  Thailand 2012.

Saat ditemui VIVAnews di kediamannya di Jalan Jalan Jeruk, Perumahan Pondok Candra, Waru, Sidoarjo, Rabu 4 Juli 2012, Nara menjelaskan ciptaannya. “Helm ini memilik daya serap sekitar 21 persen. Pendinginnya tak perlu diganti, asal menggunakan air yang bagus. Selain itu, saya juga menggunakan gel jenis sodium polyacrylate. Gel ini mempunyai daya resap air cukup tinggi. Sehingga mampu meminimalisir panas karena terik matahari,” urai Nara.

Ayahnya, Gunawan menambahkan saat penjurian di IEYI Thailand, Nara mampu menjelaskan helm ciptaannya dengan bahasa Inggris yang fasih.

Karya Nara juga telah dipatenkan sejak setahun lalu. Helm berpendingin itu diberi nama Naravation dengan nomor paten S00E01100236. “Sebelum digaet LIPI untuk mengikuti kompetisi pelajar internasional ini, saya sudah mematenkan helm ciptaan Nara,” kata Gunawan.

Nama Nara pun dikenal di antara lingkungan sekolah Petra. “Oh, itu Nara anak SMP Petra 5 alamat sekolahnya di Jalan Jemursari,” kata seorang Satpam SMP Petra 1 Jalan HR Muhammad, Surabaya.

“Itu anak SMP Petra 5 yang baru saja mendapat penghargaan internasional atas karya ciptanya, helm berpendingin,” kata seorang guru SMA Petra memberi informasi.

Semua itu dibenarkan staf pengajar SMP Kristen Petra 5 Surabaya, Rini. Menurutnya, Nara tahun ini naik ke kelas dua. “Yang membanggakan lagi, dari enam delegasi yang dikirim Indonesia, dia salah satu pelajar yang berhasil meraih emas di kompetisi internasional, yang baru saja digelar di Thailand,” urai Rini.

 

sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/332519-inovasi-helm–siswa-smp-raih-emas-di-thailand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: