Cara daftar di ITunes

sumber : http://www.musiktek.net/TipsAudio-detail/punya-lagu-dan-ingin-masuk-itunes/

Kamu Punya Lagu dan Ingin Masuk iTunes ? Ini Dia Caranya !

Posted
17 January, 2013 by Agus Hardiman
in Tips Band

UPDATE : SETELAH ARTIKEL INI DIBUAT, SAYA MENEMUKAN ALTERNATIF SELAIN YANG DIBAHAS DI ARTIKEL INI YAITU www.TuneCore.com YANG 100% ROYALTI UNTUK ARTISNYA…PLEASE CHECK THEM TOO !
Lagu girl band ‘Wish’ ini yaitu Dream Diary bisa masuk iTunes hanya dengan bayar $9,99 via Paypal dan prosesnya 4-5 hari saja meggunakan jasa www.TuneCore.com !

Lagu Dream Diary - Wish di iTunes

Sudah lama Apple tidak tertarik untuk membuka layanan jualan musik via iTunes di Indonesia. Ada yang mengira penyebabnya adalah Apple merasa jualan lagu ini tidak akan laku mengingat  maraknya pembajakan CD dan DVD di Indonesia dimana puluhan lagu MP3 bisa dikemas dalam 1 CD dan dijual hanya Rp3000/keping. Bandingkan dengan di iTunes dimana satu lagu dijual antara Rp3000 s/d Rp5000.

 …ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu…

Tapi tiba-tiba, pada 5 Desember 2012, Apple membuka layanan jualan lagu via iTunes di Indonesia ! Hal ini mungkin didorong oleh keinginan Apple untuk meraup uang. Bagaimanapun juga, dihitung-hitung, Apple akan untung besar karena mendapat presentase dari tiap lagu yang terjual. Dan ini dilakukan secara besar-besaran dimana tiba-tiba Apple membolehkan layanan di 56 negara baru sekaligus termasuk Indonesia. Ini menjadikan total negara yang bisa berjualan lagu di iTunes menjadi 119 negara ! Di sisi lain, ini tentu menggembirakan bagi musisi Indonesia karena punya satu saluran baru untuk menjual lagu setelah musisi ‘patah arang’ dengan pembajakan dan turunnya penerimaan royalti dari RBT (Ring Back Tone).

Walaupun begitu, jualan di iTunes juga bukan hal yang mudah bagi musisi mengingat konsumennya sangat tersegmentasi dimana biasanya mereka adalah pengguna produk Apple seperti iPad, iPhone, iPod, Macbook dsb atau pengguna produk non-Apple yang bisa mengakses iTunes. Mereka termasuk golongan menengah ke atas yang juga belum tentu mau membeli lagu secara legal karena sudah mendarah daging kebiasaan download MP3 secara ilegal. Tapi sudahlah, kita bahas saja tentang bagaimana musisi bisa menjual lagu via iTunes. Setuju ?

Ada beberapa cara menjual lagu via iTunes. Salah satunya menggunakan lembaga yang sudah mendapat ijin atau license untuk mengatur lagu yang akan dijual pada iTunes. Indonesia sendiri belum punya lembaga seperti ini (tolong koreksi kalo salah). Yang ada itu adalah lembaga yang berkedudukan di luar negeri yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Nah salah satunya yang saya temukan adalah Promomusicindo yang berkedudukan di London. Menariknya, orang dibelakang Promomusicindo adalah orang Bandung yaitu kang Herna Hermawan. Berikut interview singkatnya…

Bisa dijelaskan apa Promomusicindo itu ?

Herna : PROMOMUSICINDO adalah perusahaan Digital Distributor dan Management Artist yg mempunyai tujuan dan misi ingin memajukan musisi Indonesia agar bisa lebih bergerak luas dalam memperkenalkan hasil karyanya di tingkat International. Kami mempunyai jaringan 400 perusahaan terbesar di dunia International seperti iTunes, Amazon, WE7, Emusic, Spotify, HMV, Virgin dll. Selain itu kita juga mempunyai hubungan kerja sama dengan puluhan stasiun tv dan radio di Indonesia.

PROMOMUSICINDO di harapkan bisa membantu memperkenalkan musik musik hasil karya bangsa Indonesia jauh lebih efisien dan kena langsung terhadap pencinta musik International.

PROMOMUSICINDO ini di bentuk buat musisi-musisi Indonesia yang telah menghasilkan rekaman profesional ciptaan mereka sendiri dan hadir untuk label-label rekaman Indonesia yang memerlukan solusi pendistribusian rekamannya secara Digital Online.
Pertimbangan ini kami bikin karena kami melihat banyak musisi Indonesia dan record label yang berdiri hanya fokus untuk memproduksi sendiri tapi tidak memliki kemampuan distribusi ataupun sekiranya memiliki tapi tidak maksimal.

PROMOMUSICINDO menawarkan ke international dengan berbagai jenis musik, yang memungkinkan untuk bisa masuk dan di terima oleh semua golongan pencinta musik dunia International.

PROMOMUSICINDO berusaha mengeluarkan album baru setiap 2 minggu sekali sehingga di harapkan para musisi Indonesia bisa lebih terpacu dan tersalurkan hasil karyanya lebih cepat dan tidak kalah lebih cepat dari pada musisi dunia lainya yg bisa menghasilkan 5-10 album perharinya di pasaran International.

PROMOMUSICINDO berkantor di Inggris dan mempunyai puluhan staf yg beroperasi di Indonesia, kami mendistribusikan  ke lebih dari 100 negara dan 400 perusahaan digital online di seluruh dunia.

Staf kami sangat profesional memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di dunia musik internasional, yang mencakup semua wilayah dari produk-desain untuk penjualan dan pemasaran, konsep pengembangan dan dukungan khusus untuk musisi Indonesia.

Musik musik yg kita jual selalu kita pilih dengan standar kualitas international sehingga kita bisa saling mendukung tehadap klien distributor kami di seluruh dunia (kami mempunyai 400 perusahaan di seluruh dunia) yg perlu kita jaga hubungannya.

Dengan adanya saling menjaga kualitas di antara pemusik sebagai pencipta musik, distributor sebagai penjual musik dan pendengar musik sebagai market, diharapkan strategi kita akan menciptakan hubungan yang inovatif dan kreatif dan tentunya akan menuntun kemungkinan terbaik untuk turn-over dan keuntungan.bersama. Dan yang pasti kita akan membawa music Indonesia menjadi No.1.

Anda sebagai apa di Promomusicindo ?

Herna : Saya di sini sebagai co-founder /Owner Promomusicindo. Saya terinspirasi  membentuk Promomusicindo ini setelah saya pulang liburan ke Indonesia, setelah melihat dengan mata sendiri banyak musisi Indonesia yg berpotensi tapi hasil karya mereka tidak tersalurkan semestinya.

Apa yang ditawarkan oleh Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya hanya menawarkan bagi mereka/musisi indonesia  yg sudah mempunyai master rekaman yg profesional untuk menginvestasikan hasil karyanya dengan system bekerja sama baik  dalam pendistribusian atau promo secara professioanal di International yang di lakukan secara bersama-sama.

Ada berapa band/vokalis yang sekarang (per Jan 2013) tergabung dengan Promomusicindo ? Berapa total lagu yang sudah dijual oleh promoMusicIndo di iTunes ?

Herna : Untuk 2013 band /solo yg sudah terdaftar sebanyak kurang lebih 597 band /solo, dengan total lagu kurang lebih ada 3000 ribuan lagu . Namun untuk menjaga kulaitas dan nama Indonesia dari semua band yg mendaftar kami filter hanya band band yg mempunyai kualitas international, sampai saat ini kami sudah mendistribusikan 50 album dan kurang lebih ada sekitar 200 lagu yang bisa di lihat di  amazon.com tepatnya di http://www.amazon.com/s/ref=nb_sb_noss?url=search-alias%3Ddigital-music&field-keywords=indo+mix.

Bagaimana prosedur suatu band / solois apabila ingin menjual lagu di iTunes ?

Herna : Bagi band/artis solo yg ingin mengajukan/bergabung dengan kita, bisa bergabung dengan FB kami di http://www.facebook.com/PROMOMUSICINDO?ref=tn_tnmn dan twitter @indomix_music.

Bagaimana pembagian royalti antara band/solois dengan Promomusicindo ? Royalti dilaporkan perberapa bulan?

Herna : Pembagian royalty adalah 60/40 di mana band mendapatkan 40% dari hasil penjualan dan laporan per 4 bulan. Royalty di berikan setelah mencapai $250. Note : apabila tidak ada penjualan, maka tidak ada laporan per 4 bulan (laporan menjadi per akhir tahun).

…..Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral……

Apakah saat ini ada program promosi tertentu yang sedang dilakukan Promomusicindo untuk musisi Indonesia ?

Herna : Promosi yg sedang kami lakukan saat ini selain di promosikan di seluruh dunia kami juga fokus promosi yang di titikberatkan pada beberapa negara yg menjadi barometer music international sbb :

Ada yang ingin disampaikan untuk musisi Indonesia ?

Herna : Saya mengharapkan agar musisi lebih menghargai hasil karya musik mereka supaya tidak di obral ! Saya lihat banyak musisi Indonesia yg masih banyak salah dalam strategi marketingnya. Tidak sedikit musisi Indonesia yg menshare lagunya dengan jejaringan yg free (lagunya di share secara free download). Mungkin untuk short-term mereka mencari nama /popularitas dengan memberikan lagu secara gratis tapi dampak long-termnya sangat merugikan band itu sendiri.

Berikut ini saya sertakan juga wawancara dengan salah satu band yang sudah menjual lagunya di iTunes bahkan sejak tahun 2008 dan sekaligus band teman saya yaitu Marvells band yang diwakili oleh Dony Prattiwa (@donyprattiwa) sang bassist :

Bisa cerita sedikit tentang sejarah Marvells band ? Dengar-dengar berawal dari band major label, sekarang gimana ?

Marvells : Sebelumnya kita memakai nama THE CAT, memulai sejarah dengan manggung2 di cafe2 di Bandung, seperti Fame Station (salah satu cafe terkenal di Bandung) dll antara 2002-2004. Tahun 2004 The Cat rilis Album dengan single hits “Kau Dimana” (yang klipnya di pantai itu lhooo) dibawah label Musica Studios :
Tahun 2006, kita keluar dari Musica, dan memutuskan untuk memakai nama baru yaitu MARVELLS.
Berikutnya :
  • 2007 rilis album perdana Marvells (Dari Dasar Dunia) — single hits: Terlalu lama Menanti, Dan Orang Itu Aku — label: Modern IndoLab (grupnya Fuji Film).
  • 2008 kita pindah label lagi ke SMM records.
  • 2008 rilis album Marvells – selftitled — single hits: Kisah Aku, Jatuh Cinta.
  • 2008 mini album religi (Ampuni Aku) — single hits: Seperti Kapas.
  • 2009 rilis album April 2009 — single hits: Lagi Bohong, Bila Aku, Si Keras Hati.
  • 2010 kompilasi album Anti korupsi — kita menyumbang 1 lagu: Rindu Kejujuran.
  • 2011 rilis single Udara.
  • 2012 kompilasi religi Syahadat Cinta — menyumbang 2 lagu: Shalawat, Nikmat Mana Lagi
  • 2012 kontrak antara marvells dengan SMM records selesai. Selanjutnya kita memutuskan  untuk menjalankan bisnis ini sendiri saja.
  • 2012: single Political Apology (satu-satunya lagu Marvells yang berbahasa inggris)
  • 2012 mini album The Partyland (yang dijual di iTunes)

Naahhh kurang lebih begitu sejarah singkatnya Marvells :D

Link web Marvells band apa dan link lagu-lagunya ada dimana di iTunes ? Ada berapa lagu yang dijual disana ?

Marvells : Wah kalau nanya webnya Marvells malu juga nih. Beli domainnya udah dari tahun 2007, tapi sampai sekarang masih belum fix juga designnya. Tapi kalau mau liat2 silahkan buka http://www.marvellsband.com
Kalau di iTunes saya masukin album ‘Dari Dasar Dunia’ dan satu single ‘Political Apology’. Next yang akan rilis iTunes adalah album ‘The Partyland’. Untuk menemukan link lagu marvells bisa di search: “marvells” atau bisa juga klik link dibawah ini:

Sejak kapan Marvells Band resmi jualan di iTunes dan bagaimana ceritanya bisa masuk duluan dibandingkan band indonesia lainnya ?

Marvells : Sekitar tahun 2008 kita ditawarin kang Herna dari Promomusicindo Indomix untuk mencoba jualan digital lewat jalurnya dia. Saya pikir kenapa ngga, nothing to lose aja deh. Saya sengaja masukin album yang lama (Dari Dasar Dunia) yang secara hukum ga ada hubungannya dengan label kita pada saat itu karena masih uji coba. Tahun 2008 album Marvells bukan hanya saja ada di iTunes, tapi juga ada di web Amazon (.com, .co.uk, .de, .jp, dst), Spotify, Deezer, WE7 dan lain-lain.

Bagaimana perkembangan jualan lagunya di iTunes ? Udah dapat royalti ?

Marvells Band : Kalau ngomong royalty sih dibilang kecil sekali, karena memang bisa dibilang kita tidak ada usaha apa2 untuk mempromosikan, atau tepatnya tidak tau cara berpromosi di dunia net. Namanya juga nothing to lose :) )))  Jadi kita tetap memfokuskan di dalam negeri saja.

Tapi beda ceritanya sekatang semenjak ada Itunes di Indonesia….

Apa tantangan untuk band / solois dalam konteks jualan lagu via iTunes vs jualan cara biasa (jual CD atau pendapatan royalti dari RBT) ?

Marvells Band : Pada dasarnya sih sama saja, karena iTunes hanya bentuk lapak yang baru. Karena akan balik lagi ke basic, yaitu produknya itu sendiri, dan bagaimana supaya produknya itu bisa terpromosikan ke masyarakat.

Apakah ada saran untuk band-band Indonesia yang mau jualan di iTunes ?

Marvells Band : iTunes sendiri tidak menerima artisnya langsung, jadi kalau mau mencoba, bisa lewat publisher seperti Promomusicindo di https://www.facebook.com/groups/indomix/ atau kontak kang Herna di https://www.facebook.com/hermawanindomix. Jalur yang lain yang saya tahu adalah via CDbaby.com. boleh juga dicoba.

Apakah Anda memilih ikut iTunes atau tidak, semuanya terserah Anda ! Cek semua info yang ada dan pastikan Anda mengerti dengan baik bagaimana sistemnya bekerja lalu putuskan !

Bagi yang punya info lain tentang cara masuk iTunes, silakan berbagi di bagian komentar di bawah ini….

Semoga bermanfaat !

Artikel ini BUKAN dibuat berdasarkan pesanan untuk mempromosikan jasa tertentu ! Artikel ini hanya ingin menjawab pertanyaan banyak musisi Indonesia yang sampai ke saya !

About the Author

Agus Hardiman


Agus Hardiman adalah seorang music producer, arranger, sound engineer di @StudioMusikTek dan sekaligus perancang kurikulum audio di @SekolahMusikTek. Pendiri @MusikTek ini tinggal di 3 kota, Jakarta (15%), Bandung (5%) dan kota internet global (80%) ^_^. Cek portofolio beliau di www.AgusHardiman.com & follow twitternya di @agushardiman.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: